Laporan Pribadi Kegiatan Pendampingan Usaha Dalam Pemanfaatan Media Sosial Dalam Mendukung Kinerja Usaha Skincare Starbubble. id
LAPORAN PRIBADI KEGIATAN
PENDAMPINGAN USAHA DALAM PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM MENDUKUNG KINERJA USAHA
SKINCARE STARBUBBLE. id
DISUSUN UNTUK MEMENUHI NILAI UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH PENULISAN PUBLIC RELATION
Dosen Pengampu Mata
Kuliah :
Dr.
Ribut Priadi, S.Sos.,M.I.Kom
Disusun
Oleh:
Vici
Aidil Faizin 2003110009
PRODI ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN
ILMU POLITIK
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH
SUMATERA UTARA
2022/2023
Gambaran Usaha
Starbubble pada konsepnya menjual beberapa
jenis skincare untuk membersihkan dan merawat wajah untuk penggunaan
sehari-hari. Selain bahan skincare yang berbentuk scrub, Starbubble juga
menghadirkan beberapa jenis masker wajah dan alat kosmetik lainnya. Bentuk
kemasan yang di desain secara simple dimaksudkan agar memudahkan dalam
penggunaan rutinitas bagi konsumen. Produk-produk skincare yang ditawarkan
Starbubble juga memiliki berbagai varian aroma yang membuat konsumen merasa
lebih fresh dan nyaman ketika menggunakannya.
Struktur Kepemilikan
o
Nama Usaha :
STARBUBBLE.id
o
Bentuk Usaha : Perseorangan
o
Lokasi Usaha : Kota Medan
o
Nama Pemilik : Dela Afsari
o
Alamat :
Jalan Sidomulyo, Pasar IX No. 54 Tembung, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan,
Sumatera Utara.
o
E-mail :
afsaridela@gmail.com
o
Nomor Handphone : +62 822-6714-3520
Keterkaitan Kegiatan Public
Relations Pada Usaha
Pada
awalnya pemilik usaha skincare Starbubble memang telah membuat akun media
sosial Instagram untuk dikelola secara mandiri. Namun diawal-awal pembuatan
media sosial ini pemilik usaha memiliki banyak kegiatan lainnya sehingga
pengelolaan akun media sosial Instagram menjadi sedikit terabaikan. Maka dari
itu kami berinisiatif untuk membuat akun media sosial Instagram Starbubble agar
menjadi produktif kembali.
Sebelumnya, followers
Instagram dari Starbubble hanya berada di 50 pengikut saja, namun saat ini
followers dari Starbubble telah bertambah menjadi 66 pengikut dan angka ini
diperkirakan akan terus mengalami peningkatan secara bertahap sesuai dengan
keaktifan dalam pengelolaan media sosial Instagram Starbubble itu sendiri.
Dalam mempromosikan produk skincare dari Starbubble kami juga membuatkan Linktree dengan harapan dapat mempermudah para calon
konsumen dalam melakukan pembelian barang yang diinginkan.
Selanjutnya,
terdapat beberapa treatment (langkah atau tindakan) yang kami terapkan guna
lebih memaksimalkan dalam pengelolaan media sosial Instagram dari Starbubble, diantaranya
adalah :
o
Postingan terkait produk akan di design
secara lebih menarik dan dilengkapi dengan informasi bahan secara lebih detail
dan terperinci
o
Pengikut dari media sosial Instagram
Starbubble juga akan disuguhkan dengan video ataupun foto yang bersifat informatif
dan relevan terkait dengan perawatan wajah
o
Akan dibuatkan postingan secara terjadwal
sesuai dengan waktu-waktu yang dianggap ramai akan viewers.
o
Melalukan interaksi dengan pengikut
ataupun calon konsumen melalui kolom komentar
o
Bagi pengikut ataupun calon konsumen yang
ingin berkonsultasi secara lebih intens dapat langsung melalui DM ataupun
WhatsApp.
Dalam membangun
strategi untuk menciptakan, mengatur dan mengukur efektivitas treatment guna
membantu bisnis skincare ini kami melakukan promosi dengan menggunakan jasa
endorse melalui orang-orang yang dianggap memiliki banyak pengikut dan pengaruh
yang positif dalam dunia perawatan dan kesehatan wajah khususnya melalui akun
media sosial Instagram. Kami juga akan meminta testimoni dari para pelanggan
kami untuk mengukur efektivitas produk yang ditawarkan serta meningkatkan
kredibilitas dari brand Starbubble itu sendiri. Kemudian mengingat akan
penjualan dan pengenalan produk saat ini difokuskan dilingkungan kampus maka
kami juga rutin untuk menawarkan harga yang ramah dikantong dan banyak discount
menarik bagi para mahasiswa/i serta civitas akademik yang tertarik untuk
mencoba produk-produk yang ditawarkan oleh Starbubble.
Kesimpulan
Pendirian
Starbubble merupakan suatu peluang usaha yang menjanjikan, apalagi saat ini
trend dan minat masyarakat yang sangat tinggi terhadap kebutuhan kosmetik
kecantikan dan perawatan kesehatan wajah. Bisnis skincare seperti ini akan
stabil apabila mengedepankan soal kualitas, varian aroma yang unik dan menarik,
serta kenyamanan yang dapat diterima oleh konsumen itu sendiri.
Sebagaimana yang
kita ketahui bersama, di era digitalisasi seperti saat ini tentunya bisnis
harus diperkenalkan dan dikembangkan secara online agar dapat menjangkau
masyarakat dengan skala yang lebih luas. Tak dapat dipungkiri dengan keberadaan
media sosial yang memberikan ide-ide secara informatif dan inovatif tentunya
akan sangat mempengaruhi dari penjualan dan keberlangsungan sebuah bisnis
tersebut. Harapannya dengan dikelolanya akun Instagram Starbubble oleh kami
sebagai mitra dapat memberikan trend yang positif terhadap pendapatan penjualan
yang semakin meningkat dan mendapatkan citra positif dari konsumen terhadap
produk-produk yang ditawarkan ole Starbubble.
DOKUMENTASI PRODUK
DOKUMENTASI PADA SAAT PRESENTASI
Komentar
Posting Komentar