Laporan Pribadi Kegiatan Pendampingan Usaha Dalam Pemanfaatan Media Sosial Dalam Mendukung Kinerja Usaha Skincare Starbubble. id

 

LAPORAN PRIBADI KEGIATAN PENDAMPINGAN USAHA DALAM PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM MENDUKUNG KINERJA USAHA SKINCARE STARBUBBLE. id

DISUSUN UNTUK MEMENUHI NILAI UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH PENULISAN PUBLIC RELATION




Dosen Pengampu Mata Kuliah :

Dr. Ribut Priadi, S.Sos.,M.I.Kom

 

 

Disusun Oleh:

Vici Aidil Faizin                                             2003110009

 

 

 


PRODI ILMU KOMUNIKASI

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

2022/2023

 


Gambaran Usaha

Starbubble pada konsepnya menjual beberapa jenis skincare untuk membersihkan dan merawat wajah untuk penggunaan sehari-hari. Selain bahan skincare yang berbentuk scrub, Starbubble juga menghadirkan beberapa jenis masker wajah dan alat kosmetik lainnya. Bentuk kemasan yang di desain secara simple dimaksudkan agar memudahkan dalam penggunaan rutinitas bagi konsumen. Produk-produk skincare yang ditawarkan Starbubble juga memiliki berbagai varian aroma yang membuat konsumen merasa lebih fresh dan nyaman ketika menggunakannya.

Struktur Kepemilikan

o   Nama Usaha                : STARBUBBLE.id

o   Bentuk Usaha              : Perseorangan

o   Lokasi Usaha              : Kota Medan

o   Nama Pemilik              : Dela Afsari

o   Alamat                        : Jalan Sidomulyo, Pasar IX No. 54 Tembung, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan, Sumatera Utara.

o   E-mail                          : afsaridela@gmail.com

o   Nomor Handphone     : +62 822-6714-3520

Keterkaitan Kegiatan Public Relations Pada Usaha

            Pada awalnya pemilik usaha skincare Starbubble memang telah membuat akun media sosial Instagram untuk dikelola secara mandiri. Namun diawal-awal pembuatan media sosial ini pemilik usaha memiliki banyak kegiatan lainnya sehingga pengelolaan akun media sosial Instagram menjadi sedikit terabaikan. Maka dari itu kami berinisiatif untuk membuat akun media sosial Instagram Starbubble agar menjadi produktif kembali.

Sebelumnya, followers Instagram dari Starbubble hanya berada di 50 pengikut saja, namun saat ini followers dari Starbubble telah bertambah menjadi 66 pengikut dan angka ini diperkirakan akan terus mengalami peningkatan secara bertahap sesuai dengan keaktifan dalam pengelolaan media sosial Instagram Starbubble itu sendiri. Dalam mempromosikan produk skincare dari Starbubble kami juga membuatkan Linktree  dengan harapan dapat mempermudah para calon konsumen dalam melakukan pembelian barang yang diinginkan.

Selanjutnya, terdapat beberapa treatment (langkah atau tindakan) yang kami terapkan guna lebih memaksimalkan dalam pengelolaan media sosial Instagram dari Starbubble, diantaranya adalah :

o   Postingan terkait produk akan di design secara lebih menarik dan dilengkapi dengan informasi bahan secara lebih detail dan terperinci

o   Pengikut dari media sosial Instagram Starbubble juga akan disuguhkan dengan video ataupun foto yang bersifat informatif dan relevan terkait dengan perawatan wajah

o   Akan dibuatkan postingan secara terjadwal sesuai dengan waktu-waktu yang dianggap ramai akan viewers.

o   Melalukan interaksi dengan pengikut ataupun calon konsumen melalui kolom komentar

o   Bagi pengikut ataupun calon konsumen yang ingin berkonsultasi secara lebih intens dapat langsung melalui DM ataupun WhatsApp.

Dalam membangun strategi untuk menciptakan, mengatur dan mengukur efektivitas treatment guna membantu bisnis skincare ini kami melakukan promosi dengan menggunakan jasa endorse melalui orang-orang yang dianggap memiliki banyak pengikut dan pengaruh yang positif dalam dunia perawatan dan kesehatan wajah khususnya melalui akun media sosial Instagram. Kami juga akan meminta testimoni dari para pelanggan kami untuk mengukur efektivitas produk yang ditawarkan serta meningkatkan kredibilitas dari brand Starbubble itu sendiri. Kemudian mengingat akan penjualan dan pengenalan produk saat ini difokuskan dilingkungan kampus maka kami juga rutin untuk menawarkan harga yang ramah dikantong dan banyak discount menarik bagi para mahasiswa/i serta civitas akademik yang tertarik untuk mencoba produk-produk yang ditawarkan oleh Starbubble.

Kesimpulan

Pendirian Starbubble merupakan suatu peluang usaha yang menjanjikan, apalagi saat ini trend dan minat masyarakat yang sangat tinggi terhadap kebutuhan kosmetik kecantikan dan perawatan kesehatan wajah. Bisnis skincare seperti ini akan stabil apabila mengedepankan soal kualitas, varian aroma yang unik dan menarik, serta kenyamanan yang dapat diterima oleh konsumen itu sendiri.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, di era digitalisasi seperti saat ini tentunya bisnis harus diperkenalkan dan dikembangkan secara online agar dapat menjangkau masyarakat dengan skala yang lebih luas. Tak dapat dipungkiri dengan keberadaan media sosial yang memberikan ide-ide secara informatif dan inovatif tentunya akan sangat mempengaruhi dari penjualan dan keberlangsungan sebuah bisnis tersebut. Harapannya dengan dikelolanya akun Instagram Starbubble oleh kami sebagai mitra dapat memberikan trend yang positif terhadap pendapatan penjualan yang semakin meningkat dan mendapatkan citra positif dari konsumen terhadap produk-produk yang ditawarkan ole Starbubble.

 

 

DOKUMENTASI  PRODUK

    


DOKUMENTASI PADA SAAT PRESENTASI






 

Komentar